Selena Gomez – Revival (Review)

Life after Hollywood…
Bukan. Selena Gomez bukan hendak pensiun dari dunia keartisan. Maksud dari life after Hollywood ini adalah pasca keberangkatannya dari label milik Disney tersebut ke label baru yang masih dalam keluarga besar Universal Music, Interscope Records yang sudah siap menjual musik Selena dengan penampilan diri yang semakin “dewasa”. Fase baru Selena ini diberi nama “Revival“, matching sekali memang dengan gagasan dewasa, berani, independen.
Pemberlakukan musiknya pun demikian. Album ini terasa lebih kalem, lebih intim, lebih serius tanpa terkesan bersungut-sungut untuk menampilkan sebuah revolusi dalam musik. ‘Revival’ contohnya, lagu ini dilapis dalam barisan irama yang tersandar dalam easy listening. Tidak ada gelagat yang meloncat dari batas pagar tersebut. Gaya pop-nya tak lagi kebanyakan hura-hura ataupun huru-hara, ‘Kill Em with Kindness’ yang termasuk dalam kategori upbeat saja masih terdengar agak lesu jika dibandingkan dengan lagu “gembira” Selena sebelumnya, ‘Slow Down’.
A different beat…
Sejauh ini, moment terbaik dalam sejarah karir musik Selena tidak lain dan tidak bukan adalah ‘Come & Get It’ yang berbalur warna world music. Syukurnya Selena tidak punya obsesi buta untuk mendaur ulang formula sukses tersebut dengan eksploitasi influens yang sama. Stargate yang membidani hit tersebut masih memberi karya mereka untuk Selena, hanya saja dengan jalur yang berbeda. Di ‘Same Old Love’ dan ‘Sober’ yang merupakan karya dari tim produksi Tor Erik Hermansen dan Mikkel Storleer Eriksen ini pesona Charli XCX justru terpampang jelas. Meskipun Charli memang ikut campur di ‘Same Old Love’, tapi ia punya warna yang cukup jelas terukir di kedua lagu tersebut. Dan sepertinya masa-masa dimana Stargate punya dimensi tetap dengan lagu-lagu R&B balada berdenting piano khas telah berakhir, karena mereka sudah lebih versatil dalam urusan produksi.
Pergerakan besar yang terjadi di tubuh musik Selena adalah saat ‘Good for You’ berkumandang. Lagu yang menampilkan ASAP Rocky ini secara nyata menggembleng mantan gadis Disney ini untuk bermain di arena yang sangat baru dan jauh dari bayang-bayang kalau ia akan menyambanginya; hip-hop dan R&B. Apresiasi yang ditunjukkan oleh pasar, sehingga lagu ini berhasil menjadi sebuah hit bagi Selena merupakan penerimaan yang luar biasa akan jalur baru yang ia ambil.
Jika ditanya apa lagu terbaik dari album ini? Maka dengan sangat percaya diri saya akan menjawab ‘Camouflage’. Lagu ini menawarkan musik yang organik, menjadi produk yang langka di antara lagu-lagu yang memiliki kecenderungan bergerak di bidang EDM; ‘Me & the Rhythm’, ‘Survivors’, dan ‘Body Heat’. Meskipun ketiga judul di atas memiliki keunikan tersendiri yang menjadikan tiap-tiapnya stand out, ‘Camouflage’ tetap jadi juara dengan kemurnian musiknya yang menjadi alasan utama kenapa ia bisa jadi juara!
Go get up with Selena Gomez…
Pergeseran imej adalah satu hal, pergolakan musik adalah hal lainnya. Tapi, masih ada satu hal penting lain sebagai esensi penting dari “Revival” ini. Adalah semangat pemberdayaan. Sangat menyenangkan menemukan lagu-lagu dengan semangat bangkit di album ini, seperti ‘Rise’, ‘Survivors’, dan ‘Cologne’. Ingat kampanye ‘Who Says’ yang tatkala itu Selena masih di-back up dengan band The Scene? Nah, pemberdayaan yang sekarang diperluas karena tak hanya berdasar pada diri sendiri, tapi juga pada kebersamaan. Pancangnya tetaplah cinta, karena dalam cinta selalu ada alasan untuk memperkuat, memperkukuh.
Itu yang didapat oleh kita, pihak yang mendengarkan dan menikmati “Revival”. Tapi dari Selena, pihak yang menyediakannya, ia telah menggali lebih dalam keahlian menulis lagu, karena terlibat di hampir 70% dari seluruh nomor di album ini. Bolehlah dibilang sebagai sebuah deklarasi, karena kalau revolusi sudah ia gemborkan di album sebelumnya. Satu yang pasti, album ini menarik garis naik dalam grafik karir Selena.

TRACKLIST
1. “Revival” 4:06
2. “Kill Em with Kindness” 3:37
3. “Hands to Myself” 3:20
4. “Same Old Love” 3:49
5. “Sober” 3:14
6. “Good for You” (featuring ASAP Rocky) 3:41
7. “Camouflage” 4:09
8. “Me & the Rhythm” 3:33
9. “Survivors” 3:41
10. “Body Heat” 3:27
11. “Rise” 2:47
12. “Me & My Girls” 3:30
13. “Nobody” 3:37
14. “Perfect” 4:02
15. “Outta My Hands (Loco)” 3:31
16. “Cologne” 3:54
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selena Gomez – Revival (Review)"

Post a Comment