'JOANNE' Masuk Jajaran Album Terbaik di 2016


"Lady GaGa menjadi penyanyi perempuan pertama yang albumnya paling sering menduduki posisi pertama Billboard 200 sepanjang 10 tahun terakhir. Ia meninggalkan Beyonce, Knowles, dan Taylor Swift yang masing-masing baru menduduki tiga kali tangga lagu Billboard 200 sepanjang satu dekade."

Joanne memang bagian dari nama lengkap Gaga, Stefani Joanne Angelina Germanotta. Namun, bukan sekadar itu. Nama album tersebut merupakan bentuk penghormatan Gaga terhadap almarhumah bibinya, Joanne Stefani Germanotta, yang meninggal karena penyakit lupus pada usia 19 tahun, 12 tahun sebelum Gaga lahir pada 1986.

"Dia (Joanne) sangat menderita karena lupus. Kematiannya benar-benar meninggalkan bekas luka yang tak kunjung sembuh di keluarga kami," ujar penyanyi berusia 30 tahun itu seperti dilansir Contactmusic.

Joanne yang merupakan saudara kandung sang ayah telah memberi pengaruh besar pada kehidupan Gaga. Hal itu diakui penyanyi berjuluk Mother Monster itu sejak lama. Seperti yang diungkapkannya melalui buku biografinya, The Fame.

Dalam booklet album pertamanya, The Fame, Gaga juga menampilkan puisi yang ditulis Joanne sebelum meninggal, berjudul For a Moment. Pada 2010, Gaga mengungkapkan sang bibi telah membantunya lepas dari ketergantungan obat.

"Saya selalu ingin menjadi seperti idola saya, Mick Jagger dan Andy Warhol. Dulu saya berpikir, keinginan itu hanya bisa dicapai dengan meniru gaya hidup mereka (termasuk mengonsumsi obat-obatan terlarang). Namun, kemudian saya menyadari bibiku, Joanne yang meninggal pada usia 19 tahun telah memberikan semangat hidupnya padaku. Ia pelukis dan penyair, saya merasa harus menyelesaikan apa-apa yang belum sempat dikerjakannya."

Ayah Gaga juga membuka restoran dengan nama Joanne Trattoria. Restoran itu diresmikan Gaga pada 2012.

Tentang ketangguhan



Album Joanne terdiri dari 11 lagu, sementara versi deluxe-nya, terdiri dari 14 lagu. Salah satu lagu dalam album tersebut, Perfect Illusion, telah dirilis sebagai single beberapa waktu lalu dan mendapat sambutan hangat dari pada penggemar. Terbukti, sepekan setelah diluncurkan, Perfect illusion berhasil duduk di puncak Itunes Store di 60 negara.

Dalam penggarapan album itu, Gaga berkolaborasi dengan Beck, Father John Misty, Florence Welch, dan penulis lagu Hillary Lindsey. Gaga menjelaskan lagu-lagu dalam album tersebut bercerita mengenai ketangguhan, bagaimana ia dan keluarganya menghadapi rasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai.

"Pengalaman keluarga kami, tantangan, dan ketegaran kami membuat kami menjadi seperti sekarang. Itu semua, ketegaran dari rasa sakit yang terjadi akibat kehilangan, membuat kami menjadi kuat," ujarnya.(Nme.com/H-3)


Bukti terbaru, Lady GaGa untuk keempat kalinya kembali menduduki posisi tertinggi tangga lagu Billboard 200, melalui album kelimanya, "Joanne".  Data dari Nielsen Music mencatat, "Joanne" telah terjual 201 ribu kopi di akhir minggu ini, seperti dilansir aceshowbiz.com.  

Joanne sekaligus menjadi album keempat Gaga yang berhasil memuncaki tangga lagu Billboard 200. Sebelumnya, sudah ada Born This Way (2011), Artpop (2013), dan Cheek to Cheek (2014) yang pernah menguasai puncak Billboard 200. 

Atas capaian ini, GaGa mengucapkan rasa terima kasihnya pada para penggemarnya, melalui akun Twitter pribadinya. "Aku tak percaya menjadi penyanyi perempuan dengan #ALBUM NOMOR 1 DI DEKADE INI #ini grand slam pertama @billboard. Terima kasih pada para penggemarku," cuit dia melalui akun @ladygaga.  

Album "Joanne" juga masuk dalam jajaran empat album yang terjual terbanyak di 2016. Posisi pertama diduduki album "Views" milik Drake (1,04 juta copy), diikuti "Lemonade" milik Beyonce (653 ribu) dan "Blonde" yang dinyanyikan Frank Ocean (terjual 276 ribu unit).  Dalam bentuk album tradisional, "Joanne" termasuk dalam jajaran tujuh besar album dengan penjualan terbanyak di tahun ini sekaligus menjadikannya album perempuan terbesar kedua, yakni terjual 170 ribu copy.  

Posisi pertama album terlarus  ditempati "Views" milik Drake (850 ribu copy), "Lemonade" yang dinyanyikan Beyonce (485 ribu), "Blonde" milik Frank Ocean (232 ribu).   "Blackstar" karya David Bowie (174 ribu), dilanjutkan "A Moon Shaped Pool" milik Radiohead (173 ribu) dan "California" Blink-182 (172 ribu). 

Comments

Popular Posts